19030731_803324716512571_2362369859993824030_n

Siaran Pers: KPA Mendukung Pemogokan Nasional Awak Mobil Tangki-Pertamina

Jakarta (kpa.or.id) – Awak Mobil Tangki (AMT) adalah orang-orang yang selalu berada digaris terdepan selama ini dalam mendistribusikan BBM-BBG bagi industri, dari mulai tukang bajai sampai para konglomerat yang memiliki mobil mewah di negeri ini.

Kerja tak mengenal lelah siang dan malam-tidak mengenal cuaca panas ataupun hujan, mereka terobos agar bisa tiba tepat waktu di POM pengisian bensin (SPBU) untuk memenuhi salah satu kebutuhan vital masyarakat. Meskipun resiko beban kerja (bahan yang mudah terbakar) dan kecelakaan kerja selalu mengiringi AMT disetiap perjalanan menuju SPBU.

Namun lagi-lagi kita dipertontonkan dengan praktek ketidak adilan yang dilakukan oleh Perusahaan Pertamina Patra Niaga, salah satu anak perusahaan dari perusahan BUMN-PERTAMINA. Perusahan yang mengeruk laba bersih sepanjang 2016 tahun lalu sebesar USD 67,38 juta (naik 82,1% dari laba tahun sebelumnya), diikuti dengan pencapaian volume penjualan BBM di tahun 2015 sebesar 1,54 juta KL atau meningkat 12% dari tahun sebelumnya. tetapi disisi yang lainnya masih jauh dari kata kesejahteraan bagi pekerjanya.

Crew AMT selama puluhan tahun bekerja dengan status kontrak dan outsourcing, jam kerja panjang tanpa upah lembur, ketika sakit harus menanggung biaya sendiri karena tidak diikut sertakan BPJS oleh perusahaan Dan kini 350 pekerja di PHK melalui SMS.

Untuk itu kami dari Konsorsium Pembaruan Agraria mendesak agar PT Pertamina membatalkan PHK sepihak tersebut dan segera mengangkat para pekerja menjadi pekerja tetap dan memenuhi hak normatif para pekerja.

Konsorsium Pembaruan Agraria

 

Dewi Kartika
Sekretaris Jendral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *