WhatsApp Image 2017-05-16 at 3.21.15 PM

Petani Surokonto Datangi MA, Serahkan 111 Surat Jaminan Penangguhan Penahanan

Jakarta (kpa.or.id) Perwakilan petani Surokonto – Wetan, Kendal didampingi KPA, LBH Semarang, dan YLBHI mendatangi gedung Mahkamah Agung RI Selasa, (16/5) siang di Jakarta. Maksud kedatangan mereka ialah untuk menyerahkan 111 surat penangguhan penahanan terhadap 3 (tiga) orang rekan mereka yakni, Nur Aziz, Sutrisno, dan Mujiono.

Tiga orang petani asal Surokonto-Wetan ini divonis delapan tahun penjara dan denda masing-masing Rp. 10 miliar. Mereka dikriminalisasi dengan tuduhan menyerobot lahan Perhutani dengan memakai pasal karet UU P3H. Vonis tersebut sontak melahirkan protes oleh warga Suronto Wetan.
Pasca dijatuhkan vonis terhadap Nur Azis dkk, gelombang dukungan terus berdatangan terhadap mereka utamanya dari jaringan organisasi masyarakat sipil, tokoh-tokoh nasional, akademisi serta mahasiswa dan banyak pihak lainnya.

Banyaknya dukungan yang datang membuat beberapa organisasi masyarakat sipil tadi menginisiasi untuk gerakan mengumpulkan surat jaminan penangguhan penahanan terhadap Nur Azis dan dua orang rekannya tersebut. Hinnga hari terakhir sebelum diserahkan ke MA RI. Tercatat sudah terkumpul 111 surat jaminan penangguhan penahanan yan berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Saat ini, Nur Azis dan dua orang rekannya mendekam di LP Kabupaten Kendal atas penetapan dari MA RI. Mereka bertiga dituduh melakukan pembalakan liar di kawasan hutan yang tiba-tiba diklaim oleh Perhutani sebagai. Padahal sebelumnya warga desa sudah sering melakukan aktivitas di atas lahan tersebut.

Peristiwa kriminalisasi yang menimpa tiga petani Surokonto – Wetan ini merupakan buntut dari tukar guling antara Perhutani dengan PT. Semen Indonesia terkait pembangunan pabrik industri semen di Rembang yang saat ini juga sarat permasalahan. Sementara proses tukar guling yang dilakukan oleh dua pihak ini juga ditengarai cacat hukum sehingga rentan terus melahirkan praktek-praktek kriminaliisasi yang sering beraktvitas di sekitar wilayah tersebut. (BW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *