WhatsApp Image 2016-09-20 at 12.03.21 PM

Pendidikan Desa Maju Reforma Agraria (DAMARA) di Agroekologi Cijapun Sukabumi

Sukabumi – Tujuan gerakan Reforma Agraria ialah terciptanya desa-desa yang ideal dengan ditandai adanya penataan produksi pertanian (termasuk peternakan dan perikanan) yang dikelola secara bersama (kolektif) oelh serikat atau komunitas petani yang berada di Desa. Selama ini, banyak pihak yang menganggap gerakan Reforma Agraria hanya berbicara persoalan perebutan lahan (tata kuasa). Padahal, Reforma Agraria mempunyai cita-cita yang sangat besar, yakni desa –desa yang mandiri dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

KPA menyadari sekali hal tersebut, bahwa gerakan Reforma Agraria tidak hanya sebatas perjuangan perebutan lahan (tata kuasa). Desa Maju Reforma Agraria (DAMARA) merupakan konsep ideal sebuah desa yang digagas oleh KPA yang berisi tentang proses penataan wilayah (tata kelola), penataan produksi (tata produksi), hingga penataan distribusi (tata distribusi).

Jalan menuju DAMARA tidak bisa ditempuh secara instan. Mewujudkan sebuah desa maju, tidak hanya meliputi upaya meningkatkan produktivitas usaha pertanian di pedesaan.

Upaya yang dilakukan mesti melingkupi upaya penataan produksi pertanian termasuk peternakan secara kolektif, dengan penggunaan teknologi, benih/bibit, pupuk yang selaras alam, serta keberagaman sumber pangan, keadilan akses atas pangan dengan mempertimbangkan pola produksi dan konsumsi setempat.

Jalan menuju DAMARA bukanlah jalan yang dapat ditempuh dengan cara instan. Diperlukan kesiapan masyarakat terutama para pemuda yang diharapkan akan menjadi motor penggerak dalam pengembangan pedesaan. KPA mengawali proses panjang ini dengan menyelenggarakan pendidikan DAMARA yang sedang berlangsung di kebun agroekologi Cijapun, desa Cihaur, kecamatan Simpenan, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 September 2016 yang dihadiri oleh anggota-anggota serikat tani yang tergabung dalam KPA.  Fokus pendidikan DAMARA ini untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan teknis para pemuda pedesaan dalam penataan produksi dan pertanian ekologis dalam kerangka pembaruan agrarian, sembari menyebarluaskan pemahaman dasar tentang DAMARA dan membangkitkan semangat kolektif melalui simulasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *