WhatsApp Image 2017-05-05 at 5.06.32 PM

Organisasi Masyarakat Sipil Gelar Aksi Solidaritas untuk Petani Surokonto Wetan

Jakarta (kpa.or.id) – KPA, YLBHI, dan Sejumlah elemen masyarakat sipil lainnya menggelar aksi solidaritas untuk petani Surokonto Wetan hari ini, Jum’at (5/5) di kantor YLBHI, Jakarta. Hadir juga dalam kesempatan tersebut beberapa perwakilan petani Surokonto Wetan. Aksi solidaritas ini digelar sebagai sebuah bentuk dukungan atas perjuangan warga Surokonto Wetan yang saat ini tengah berkonflik dengan Perhutani dan tindakan kriminalisasi yang dilakukan aparat kepolisian.

Sehari sebelumnya, beberapa perwakilan warga Surokonto ini juga mendatangi seketariat nasional KPA.  Kedatangan tersebut bermaksud menjabarkan perkembangan sengketa lahan dan kriminalisasi yang tengah mendera mereka.

Januari lalu, tiga petani Surokonto Wetan yakni Nur Aziz, Sutrisno, dan Mujiono mendapatkan pukulan berat setelah divonis delapan tahun penjara dan denda masing-masing Rp. 10 miliar. Tiga orang warga Surokonto Wetan ini dikriminalisasi dengan  tuduhan menyerobot lahan Perhutani dengan memakai pasal karet UU P3H. Vonis tersebut sontak melahirkan protes oleh warga Suronto Wetan.

Gelombang perlawanan terus digalakkan warga menuntut dibebaskannya tiga orang saudara mereka dengan terus melakukan berbagai aksi protes. Warga juga menggalang aksi solidaritas “Kurung Sij Kurung Kabeh” alias penjara satu penjara semua. Rentetan aksi yang dilakukan warga ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, lahan seluas 120-an hektar yang diklaim oleh Perhutani tersebut telah mereka garap sejak tahun 1970. Tanah tersebut awalnya merupakan tanah terlantar bekas HGU PT. Sumur Pitu.

Dalam gelaran aksi solidaritas siang tadi juga dilakukan pembacaan surat penjaminan penangguhan penahanan bagi Nur Aziz, Sutrisno, dan Mujiono yang saat ini di tahan di lapas Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Surat tersebut dibacakan oleh Sekjend KPA, Dewi Kartika.

Rangkaian aksi ini ditutup dengan pemberian surat penangguhan penahanan secara resmi kepada YLBHI sebagai kuasa hukum bagi ketiga warga Surokonto tersebut. (BW)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *