WhatsApp Image 2017-06-24 at 2.32.28 AM

Lanjutkan Protes dan Perlawanan, Warga Tanjung Sari Gelar Pertemuan Akbar

Banggai (kpa.or.id) РKurang lebih 1000 orang warga gusuran komplek Tanjung Sari Kelurahan Keraton, Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah, melakukan aksi pertemuan akbar di lokasi penggusuran pada Jumat (23/6). Aksi ini akan dilanjutkan dengan pembangunan rumah darurat yang akan dilaksanakan secara bersama. Selain warga, hadir juga beberapa pihak yang mendukung perjuangan warga, diantaranya KPA Sulteng dan Eva Bande.

Aksi ini diakui warga sebagai bentuk perlawanan dan gerakan lanjutan mereka sebagai korban gusuran yang dilakukan oleh PN Luwuk pada Mei lalu.

Warga mencurigai banyak terjadi permainan belakang berbagai pihak atas keputusan eksekusi yg tidak sesuai prosedural, mulai dari ketidakjelasan penetapan eksekusi, sampai dampak sosialnya seperti penyediaan lahan relokasi yang hanya berupa tanah dan tidak di lengkapi fasilitas.

Pertemuan akbar yang digelar pada pukul 15.00 WITA hingga buka puasa bersama ini menghasilkan kesepakatan bahwa warga Tanjung akan membangun rumah kembali dari puing-puing rumah mereka yang telah digusur.

Dari pengakuannya, warga mengatakan bahwa ini merupakan bentuk perlawanan dalam rangka merebut kembali hak atas tanah mereka.

Tidak lupa, warga juga mendesak Bupati dan Polres Banggai untuk segera membebaskan rekan mereka, yakni Suprianto dan Firman yang ditangkap pertengan bulan ini. (BW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *