Image 2017-09-14 at 12.09.05 AM

KPA Wilayah Jambi Dorong Pembentukan Tim Percepatan Reforma Agraria di Jambi

Jambi (kpa.or.id) – KPA Wilayah Jambi bersama serikat/organisasi tani anggota KPA yang berada di Provinsi Jambi mendatangai Kanwil BPN Jambi, siang tadi, Rabu, (13/9). Kedatangan ini untuk menindaklanjuti Konsolidasi Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) region Sumatra yang diselenggarakan di Medan beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, Fransdodi Tarumanegara selaku Korwil KPA Jambi didampingi beberapa perwakilan serikat/organisasi tani anggota diantaranya, STT, PPJ, Kelompok SP 7, 8, 9, KT Alam Lestari dan Dewan Nasional Aliansi Petani Indonesia (API), Kalmi.

Sebelumnya, KPA telah menyerahkan data LPRA untuk Sumatra kepada pemerintah yang diwakili Kementrian ATR/BPN dan Kementrian LHK untuk didorong menjadi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

Dalam kesempatan terpisah Korwil KPA Jambi, Fransdodi menyatakan bahwa ia bersama serikat tani akan terus mematangkan data yang diperlukan sehingga tercapai validasi dalam pelaksanaan di lapangan nanti melalui skema redistibusi tanah.

Sejauh ini, KPA wilayah Jambi sesuai dengan sikap KPA secara nasional menuntut TORA yang ingin dijalankan harus melalui skema reforma agraria yakni redistribusi tanah, bukan Perhutanan Sosial (PS), dan itu berlaku untuk semua wilayah garapan serikat/organisasi anggota KPA di Jambi.” Tegas Dodi.

Kedatangan KPA wilayah Jambi beserta serikat/organisasi tani siang tadi disambut oleh Istiqomah, SH selaku Kepala Bidang Penataan Pertanahan dan Ari Wahyudi, S. ST selaku Kepala Seksi Land Reform dan Konsolidasi Tanah Kanwil BPN Provinsi Jambi.

Sebelumnya, 23 Agustus 2017 lalu Direktur Jendral Penataan Agraria Kementrian ATR/BPN telah mengeluarkan surat No. 128/500/VII/2017 tentang Tindak Lanjut Data LPRA region Sumatra dari KPA.

Ada dua agenda yang ingin didorong KPA wilayah Jambi dalam kesempatan ini, yakni, melengkapi data lokasi prioritas yang telah diserahkan di Medan beberapa waktu lalu, dan  mendorong pembentukan tim percepatan RA di Jambi. Beberapa data yang diserahkan diantaranya;

Pertama, berita acara hasil pengukuran dan verifikasi klaim PPJ No. 467/PJB/06/2014 di Desa Bukit Indah, Kecamatan Muara Papalik, Kabupaten Tanjung Barat;

Kedua, peta hasil pengecekan lapangan atas lahan yang diklaim masyarakat Desa Intan Jaya (SP7), Desa Bukit Indah (SP8), dan Desa Kemang Manis (SP9) pada areal kerja IUPHHK-HT PT. Wira Karya Sakti;

Ketiga, soft copy verifikasi subjek dan objek petani penggarap PPJ di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, dan Muaro Jambi;

Keempat, video visual SP 7, 8, 9 di Kecamatan Muara Papalik, Tanjung Jabung Barat dan 4 video visual Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo serta daftar sementara anggota STT; dan

Kelima, peta tata batas lahan garapan kelompok tani Lubuk Mandarsah seluas 803,0125 hektar.

Pihak Kanwil BPN Provinsi Jambi sejauh ini menyambut positif usulan dari serikat/anggota tani. Mereka menyarankan untuk segera melengkapi data-data yang diperlukan agar bisa segera dikerjakan di lapangan. (BW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *